Cara Memasukkan atau Menambahkan Library di Arduino IDE

Kembali lagi bersama kami, disini kami akan berbagi cara untuk memasukkan / menambahkan Library di Arduino IDE. Arduino IDE sebenarnya sudah dilengkapi dengan berbagai Library, seperti Ethernet, GSM, LCD, Servo, Wifi, dll. Namun, belakangan ini banyak peralatan yang dibuat oleh berbagai pabrikan (third party) untuk Arduino. Sehingga dibutuhkan tambahan Library.

Lalu, apa itu Library?

Library adalah kumpulan kode yang memudahkan Anda terhubung ke sensor, display, modul, dll. Misalnya, Library LiquidCrystal yang terpasang memudahkan Anda untuk menggunakan LCD. Ada beberapa Library tambahan yang tersedia di internet untuk diunduh, baik Library bawaan Arduino IDE ataupun Library yang dibuat oleh komunitas atau peroranan seperti sparkfun, groupgets ataupun library yang tersebar di GitHub. Nah, Untuk menggunakan Library tambahan, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu. Untuk menginstallnya terdapat berbagai cara, diantaranya:

1. Menggunakan Manager Library

Untuk menginstal sebuah Library baru ke dalam IDE Arduino Anda, Anda dapat menggunakan Library Manager (tersedia sejak Arduino IDE versi 1.6.2). Buka Arduino IDE dan klik ke menu “Sketch” dan kemudian Include Libary > Manage Libraries .

1

Kemudian Sketch Manager akan terbuka dan Anda akan menemukan daftar Library yang sudah terpasang ataupun Library baru yang siap untuk di instalasi. Dalam contoh ini kita akan menginstal library Audio. Gulir daftar untuk menemukannya, lalu pilih versi Library yang ingin Anda instal. (beberapa Library terkadang hanya ada satu versi Library yang tersedia)

2

Langkah selanjutnya adalah klik instal dan tunggu IDE untuk menginstal library baru. Setelah selesai, sebuah tag Installed akan muncul di sebelah Library Audio. Setelah terinstal, sekarang kita dapat menemukan Library baru yang tersedia di menu Include Library.

2. Mengimpor Libray .zip hasil unduhan

Terkadang Library hasil buatan sesorang banyak dan sering yang didistribusikan sebagai file ZIP atau folder sehingga dapat kita unduh, di GitHub misalnya. Nama folder adalah nama Library. Di dalam folder tersebut akan ada file .cpp, file .h , Folder Contoh Sketch, dan file lainnya yang dibutuhkan oleh Library. Dimulai dengan versi 1.0.5, Kita bisa menginstal library pihak ke-3 di IDE. Jangan unzip Libray yang telah di download, biarkan seperti apa adanya.

Di Arduino IDE, Masuk ke Menu Sketch> Include Library . Di bagian atas daftar drop-down, pilih opsi “Add .ZIP Library ”.

3

Anda akan diminta untuk memilih Library yang ingin Anda tambahkan. klik add .ZIP library, lalu cari file ZIP yang ingi anda instal. Misalnya Ingin menginstal Library dari LCD yaitu LiquidCrystal.

4

Kembali ke menu Sketch > Include Library . Nah, Kalian akan melihat Library Baru di bagian bawah menu drop-down. klik Library tersebut untuk memasukakanya ke dalam Sketch coding kalian.

5

3. Instalasi manual

Bila Anda ingin menambahkan Library secara manual, Anda perlu mendownloadnya sebagai file ZIP, lalu extrack file tersebut. (Klik Kanan pada File ZIP lalu pilih extract to “nama file” ), setelh folder hasil extrakan tersedia, selanjutnya kita harus memasukannya kedalam folder di C:\Users\NamaPC\Documents\Arduino\libraries.

Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi kita. Apabila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar